Tuesday, June 20, 2006

My Current Discovery of Financial Freedom, part 1

Halo teman. Perkenalkan, saya Yuri dan disini saya hanya bermaksud untuk sharing mengenai perjalanan saya menuju financial freedom. Disini maksud saya adalah untuk bercerita pengalaman saya dan juga tentang apa yang penah saya pelajari dari mana saja, seperti buku, kawan, internet dan lain-lain.
Terutama saya akan sharing sesuatu yang sudah proven saya buktikan. Untuk hal lain yang belum saya buktikan, mungkin saya hanya akan bercerita secara teoritis dan akanbutuh bantuan kawan semuna kalo ada kritik dan saran yang membangun :)

Saya pertama kali mulai memperhatikan proses financial journey pada saat saya bersekolah di Monterey, CA pada tahun 97-98an. Pada saat itu, saya sedang mulai membaca buku-buku mengenai stocks trading dan juga buku-buku Robert Kiyosaki. Saat itu, saya membantu Ibu saya dalam menginvestasikan sebagian uangnya di SmithBarney, yang sekarang sudah menjadi Citigroup. Saat itu juga saya sedang tergandrung oleh buku2 Motley Fool dari www.fool.com.

Ibu saya pada saat itu menaruh uangnya di Dogs of the Dow (DOD). DOD adalah suatu strategi pembuatan portfolio saham yang berdasar dari Dow Jones index. Dow Jones adalah index saham di Amerika yang beradasar dari 30 companies terbesar di Amerika seperti Walt Disney, Dupont, dll. Strategi DOD adalah suatu cara mengalahkan performance index di di US dengan menginvestasikan uang kita di urutan 10 perusahaan Dow Jones dengan highest dividend yield. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihatnya di www.fool.com

Menurut buku ajaran Motley Fool, cara ini akan dapat berhasil mengalahkan performance index Dow atau S&P500, mungkin kalo di Indonesia, index JSX atau LQ45. Alhasil, saya memang tidak kehilangan uang, hanya saja, performance saya tidak mengalahkan index juga. Kalo gak salah, saya hanya untung sekitar 5-7%

Kekecewaan ini tidak terlalu mengganggu saya karena pada saat itu saya juga sedang sibuk trading sendiri. Saya menginvestasikan uang sekitar $5000 dan saya melakukan online trading melalui Datek, sekarang Ameritrade.
Untuk hal ini, saya banyak baca buku untuk membantu saya trading. BEberapa diantaranya: Unemotional Investor dari Fool, Superstocks dari Kenneth L Fisher, John O Shaugessy dengan What Works on WallStreet, How to Make Money in Stocks dengan CANSLIM methodnya dari William J Oneill.

Sayangnya semua buku ini membicarakan investasi dalam jangka panjang dan saya tidak punya kesabaran dalam hal ini, dal lebih mementingkan trading dan momentum stocks. Alhasil, saya banyak rugi dan berhasil kembali mendapatkan uang itu. Hanya saja, saya tidak untung financially, namun saya sangat untung secara knowledge karena dari proses yang saya jalankan, hikmahnya saya saat itu banyak sekali belajar dan membaca buku, jadi paling atleast kalo ada orang yang mau membohongi saya tentang bermain saham di pasar modal, saya sudah tidak bisa dibohongi :)

Dalam bagian kedua, saya akan lebih bercerita tentang bagaimana buku Robert Kiyosaki telah merubah hidup saya sampai saya berhenti dari pekerjaan saya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home