Saturday, June 24, 2006

74% dan Bisnis Chassis

Hai kawan semua. Kali ini saya ingin meneruskan pembicaraan tentang kuadran business owners (BO) yang pernah saya ceritakan. Seperti blog lalu, Venny mencatat bahwa menurut majalah Forbes yang dia baca, kebanyakan orang didunia bisa menjadi kaya karena menggunakan jalur sebagai BO (74%), dibanding sebagai employee dan self employe, yang rata-rata dibawah 10%.

Dengan melihat statistik ini, saya langsung berpikir, bahwa mungkin akan sangatlah penting menginvestigasi cara dan sistim-sistim bisnis apa saja yang dapat membantu saya meraih sukses sampai mendapatkan income besar (menurut Forbes, very rich itu minimum income= 800 juta rupiah per bulan). Karena saya tahu kapasitas saya, saya pikir saya harus lebih realistis dalam mencari jalan untuk memajukan SME (small medium enterprises).

Setelah melihat beberapa bisnis kecil menengah di sekitar saya (teman, keluarga, dan lain-lain), saya menemukan teori BUSINESS CHASSIS dari Brad Sugars (www.bradsugars.com) adalah sangat bermanfaat untuk berbagai macam bisnis. Brad melihat chassis mobil adalah bagian fundamental terpenting,dan menurutnya untuk bisnis bisa berhasil, yang pertama harus sangat diperhatikan adalah bisnis chassis nya.

Apakah BUSINESS CHASSIS itu?BC kebanyakan usaha adalah:

LEAD (PROSPECTS) X CONVERSION RATE = CUSTOMERS X NUMBER OF TRANSACTIONS X AVERAGE DOLLAR SALES = TOTAL REVENUE X MARGINS = PROFIT

Nah, sekarang anda pikirkan, hampir semua bisnis yang ada didunia menggunakan formula chassis ini. Hal ini sangat menggembirakan saya, karena at least sekarang saya mulai tahu, apa saja yang saya harus lebih perhatikan untuk business success.

Ternyata hanya ada elements yang selalu harus diperhatikan, mereka adalah:

1. LEADS
2. CONVERSION RATE
3. NUMBER OF TRANSACTIONS
4. AVERAGE DOLLAR SALE
5 MARGIN.

Buku-buku Brad mengupas habis tentang ini semua. Jadi contohnya, bila kita mendapatkan prospek yang cukup banyak, tapi kita tidak puas dengan omzet dan profit kita, mungkin solusinya bukan mencari lebih banyak prospek,melainkan bagaimana kita dapat mempertinggi persentasi conversion rate kita agar jumlah customers kita bertambah menjadi lebih banyak.

Begitu juga dengan jumlah transaksi. Bila anda hitung, biaya berpromosi dan marketing untuk calon customer baru biasanya akan lebih mahal dari pada berpromosi terhadap pelanggan lama. Jadi, bila anda bisa membuat pelanggan lama untuk belanja lebih banyak, tentunya hal ini akan secara drastis mempengaruhi profit anda. Cobalah naikkan 10% saja dari elemen-elemen tersebut, Anda akan takjub akan hasilnya.

Silahkan bermain dan mencoba :)
Yuri
yamadin@indo.net.id

1 Comments:

Blogger Asrul Harapan Damanik said...

Yuri..

Tolong donk jelasin detailnya ke-5 faktor tsb dlm bentuk contoh shg kita paham betul nih....

5:35 AM  

Post a Comment

<< Home